Minggu, 06 Agustus 2017

6 Software Yang Dapat Membuat Game di Android

Di bawah ini adalah sedikit tulisan mengenai review beberapa software membuat game dengan platform Android. Setelah beberapa lama belajar membuat game dengan Scratch, Anak no 1 dan 2 ingin mencoba membuat game dengan platform Android. Pada tahun 2016 mereka mencoba App Inventor dan telah membuat 1 game platform Android (cerita tentang pengalamannya dapat dilihat di sini ). Ternyata mereka masih ingin mencoba membuat game platform android dan mengunjungi beberapa situs yang memberi tips membuat game platform Android. Tulisan ini dibuat bersama sama oleh anak ke 1 dan ke 2 dengan harapan memberi masukan kepada siapa saja yang tertarik untuk membuat game dengan platform Android.

Ada banyak software yang bisa membuat game/aplikasi yang dapat dimainkan di Android, termasuk: 


1. App Inventor




App inventor adalah platform gratis untuk membuat aplikasi di Android yang menggunakan teknik drag and drop, seperti Scratch. Karena menggunakan fitur drag and drop, platform ini cukup mudah untuk dipelajari. Tetapi, App inventor sering tidak merespon jika aplikasi yang dibuat agak berat. Gambar di App inventor juga tidak dapat terlalu tajam disebabkan keterbatasannya. Ukuran maximum sebuah project adalah 8MB, kalau lebih dari itu project tidak akan dapat dijalankan.


2. Game Maker





Game Maker cukup terkenal dikalangan kebanyakan indie game developer, dan sudah ada sejak tahun 1999. Walaupun game maker adalah software berbayar, ada versi gratisnya dengan, tentunya, dengan beberapa keterbatasan. Game Maker memiliki bahasa sendiri yaitu game maker language (biasa disingkat oleh GML), yang mirip dengan C++. Game Maker cukup mudah untuk dipelajari.


3. Unity



Unity lebih baru dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan Game Maker. Salah satu kelebihan Unity adalah dapat membuat game 3D.  Walaupun terbilang susah, sudah banyak tutorial dan forum on line tentang Unity. Kebanyakan pertanyaaan sederhana seputar Unity sudah ditanyakan dan sudah dijawab di forum milik Unity sendiri. Pilihan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat game di Unity adalah C# dan JavaScript. Unity adalah software berbayar, tetapi ada versi gratisnya. Unity pertama dirilis pada tahun 2005. Beberapa informasi tentang Unity dapat kamu lihat lebih lanjut di sini: 

4. Game Salad




Game Salad  menggunakan teknik drag and drop. Game Salad sangat mudah untuk dioperasikan. Tetapi memiliki masa trial yang cukup singkat, yaitu 15 hari. Setelah itu pengguna harus bayar.

 5. Android Studio




Android studio adalah software untuk membuat aplikasi apapun, termasuk game di Android. Android Studio dibuat oleh Google sendiri. Android studio gratis diunduh, tetapi tidak mudah untuk dipelajari, karena tidak banyak tutorial online tentangnya. Bahasa utama yang digunakan untuk membuat aplikasi dengan Android Studio adalah Java dan sedikit XML untuk mengatur UI dan layout. 



6. Stencyl

Stencyl menggunakan teknik drag and drop. Tapi sayangnya, walaupun dapat diunduh secara gratis, software ini tidak dapat mengupload game ke android tanpa bayar terlebih dahulu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar