Minggu, 06 Agustus 2017

Mainan Bergerak Dari Kotak Susu


Anak anak di rumah suka sekali membuat mainan bergerak. Mainan seperti ini biasanya bertahan lebih lama dibandingkan dengan mainan statis. Mainan bergerak ini akan dimainkan sampai kusut dan rusak sementara mainan statis biasanya disimpan dan dilupakan karena sudah ada benda lain yang lebih menarik.

Mainan-mainan bergerak ini biasanya cukup mahal harganya kalau sudah ada di etalase toko mainan. Tentu saja karena mainan di toko terbuat dari kayu atau plastik yang lebih awet dan baik pembuatannya dibanding mainan bergerak buatan sendiri yang biasanya terbuat dari barang bekas. Tapi tidak ada salahnya mencoba membuat mainan sendiri untuk melatih motorik anak dan mendorong anak untuk berkreasi sendiri. Mainan ini cukup menyenangkan ketika selesai dibuat dan kita tidak perlu terlalu menyesal kalau mainan ini dibuang ketika sudah rusak dan kusut.

Ini adalah prakarya untuk anak saya yang berumur 5 tahun. Prakarya ini dibuat  untuk melatih motorik anak, melatih anak belajar mengikuti instruksi yang diberikan pada prakarya, juga menambah wawasan anak tentang bagaimana cara membuat mainan bergerak. Anak saya yang berusia 5 tahun memang sudah suka menempel dan menggunting kertas dan sudah menghasilkan banyak karya. Dengan membuat prakarya ini saya berharap dapat memperkaya kemampuannya menggunting menempel dan merancang mainan kertas.

Prakarya ini dirancang oleh anak berusia 8 tahun dibantu dengan beberapa referensi yang berasal dari Youtube. Setelah dirancang, mainan ini dibuat bersama sama. Salah satu referensi yang digunakan adalah: http://www.handmadecharlotte.com/diy-jumping-jack-bugs/

Ada banyak sekali tutorial membuat mainan bergerak dari barang bekas. Sayangnya, beberapa tutorial cara membuat mainan bergerak yang kami dapat di internet agak sulit dibuat untuk anak usia 5 tahun. Beberapa menggunakan alat penyambung yang sulit didapat dan sulit dipasang sendiri untuk anak usia 5 tahun. 

Saya memberi usulan agar mainan yang dibuat ini tidak menggunakan benda yang sulit, kalau bisa hanya kertas dan lem saja sehingga mudah dibuat oleh anak usia 5 tahun. Di bawah ini adalah 2 mainan bergerak rancangan anak usia 8 tahun yang mungkin bisa dicoba untuk prakarya anak usia 5 tahun.

1. Burung Hantu bergerak



Bentuk burung hantu dari depan dengan sayap yang dapat bergerak dan kaki yang dapat berubah panjang

Yang membuat sayap dan kaki bergerak karena ada kotak yang bisa didorong keluar masuk

Sayap bergerak dengan bantuan kertas karton berbentuk persegi panjang

Kertas karton penggerak sayap harus terbuat dari kertas yang kuat tapi tidak terlalu kaku untuk digerakkan

Karton bergerak ke dalam

Karton bergerak keluar
Video Burung Hantu Bergerak



2. Muka Bergerak
Mainan ini terdiri dari dua kotak di luar dan dalam. Kotak pada bagian dalam bisa bergerak dan membuat 'Muka' yang berada di bagian kotak luar bisa bergerak.


Video Muka Bergerak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar