Selasa, 29 September 2015

Bahaya Kendaraan Yang Berdekatan (Fisika Fluida)

Salah satu hal yang perlu kita hindari ketika sedang berkendaraan di jalan besar adalah menghindari kendaraan lain dalam batas jarak yang aman. Apalagi jika kita sedang melaju denagn kecepatan tinggi. Jika kendaraan bermotor kita yangsedang melaju berdekatan deangn kendaraan lain yang juga sedang melaju kencang, kita akan merasa seolah olah ada angin besar yang mendorong kita ke dekat kendaraaan yang sedang berjalan dengan kencang juga. Mengapa? Ternyata ini ada hubungannya denagn teori fisika fluida.

Tekanan fluida akan berkurang jika ada kecepatan aliran fluida. Tekanan fluida yang berkurang ini menyebabkan fluida akan bergerak dari tekanan yang tingi ke tekanan yang rendah. Prinsip ini yang diterapkan pada banyak hal seperti ponpa jet pump, sprayer, dll.

Kita bisa mempelajari peristiwa ini denagn membuat percobaan sederhana seperti:

1. Bermain dengan selang air. Untuk memindahkan air dari dalam bak mandi ke ember, kita bisa menggunakan selang air. Alirkan air ke dalam selang sampai selang terisi penuh, lalu tutup kedua ujung selang tersebut. Masukkan satu bagian selang ke bagian dasar bak dan buka bagian selang. Dengan cara ini air akan mengalir keluar dari selang. Tekanan pada bagian selang tertutup lebih rendah dari tekanan yang berada di luarnya. Ini menyebabkan air dari dalam bak dapat mengalir ke dalam selang. Hal ini akan terjadi terus menerus sampai tekanan pada selang bertambah disebabkan oleh udara yang masuk ke dalam selang.

2. Bermain dengan kertas. Gantunglah dua kertas panjang. Jika kita meniup angin ke bagian tengah kedua kertas, apa yang akan terjadi? yang terjadi bukan kertas menjadi semakin berjauhan tetapi semakin berdekatan. Alitan angin di tengah kertas menyebabkan tekanan udara pada bagian tengah berkurang. Ini menyebabkan kertas bergerak mendekat karena tekanan udara yang lebih besar megalir pada tekanan yang lebih kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar