Selasa, 15 Mei 2018

Belajar Tentang 'Explosive' Yang Berbahaya

Salah satu catatan yang dibuat anak saya yang ke 3 tentang science.

Mengapa benda meledak berbahaya?

Karena benda meledak melepaskan energi, melepaskan panas dan dilepaskan dalam waktu yang sangat singkat.

Sangat destruktif bagi manusia, juga benda mati lain seperti batu, bangunan, lingkungan dan ll. Selain mengeluarkan energi ketika meledak, menghasilkan pecahan pecahan dari pembungkus peledak, peledak juga menghasilkan shockwave.

Benda meledak  dapat dibuat secara kimiawi contohnya: TNT, dinamit, bubuk mesiu dan lain lain. Pertama kali ditemukan dicina, teknologinya dilanjutkan di Eropa. Tahun 1876 sebelum pdI bangsa Jermans sudah meneukan tnt ? dynamite?? apakah ini berpengaruh pada penggunaan snjata di pdi ??

Sebetulnya benda meledak sudah terjadi sebelum manusia mencoba merekayasa materi menjadi benda peledak. Contohnya:
Pohon yang mengandung minyak seperti eucaliptus di hari yang panas dapat menghasilkan uap panas yang mudah terbakar dengan satu letikan api kecil saja. Ledakan juga terjadi di gunung api dan pada supernpova.
guna bahan peledak

Gunung Api

gunung api terjadi karena magma mendesak kerak bumi ke atas, lalu magma memaksa kerak bumi sehingga terjadi ledakan, magma mendesak kerak juga ada karenanya, lempeng yang berdesakan membuat magma dibawahnya bergerak dan membuat gunung api.

gunung api sangat berbahaya, malah dapat mengefek negara lain yang jauh, seperti kasus "1257 food crisis" Pada september 1257 gunung samalas dan gunung rinjani di bali, Indonesia, meletus, abunya yang banyak terbang jauh ke eropa dan menutupi sinar matahari, hal ini menyebabkan musim salju selama setahun dan tidak ada panen makanan tahun itu. pada saat itu banyak orang yang mati kelaparan, dan di indonesia pula banyak yang mati karena gunung api itu

letusan gunung api diatas adalah yang terparah selama berabad-abad, malah lebih parah daripada letusan gunung api vesuvius di pompeii italy.

mungkin saja letusan gunung api seperti itu dapat terjadi lagi, maka scientist  pun memonitor aktivitas gunung api aktif  di seluruh dunia.

Supernova
supernova adalah bintang yang meledak, tidak banyak yang diketahui tentang supernova tapi yang jelas supernova adalah bintang yang meledak. ia adalah ledakan yang paling besar yang manusia pernah saksikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar