Sabtu, 22 November 2014

Teknik Homeschooling Dengan Proyek

Pada tautan ini kita telah mengetahui beberapa anak didik hasil homeschooling yang berhasil masuk universitas dan lulus dalam usia yang sangat muda. Salah satu yang berhasil adalah Enes Kesuma.  Ibu Enes Kesuma bernama Septi Peni Wulandari, sebuah nama yang tidak asing lagi di dunia homeschooling bahkan dunia pendidikan pada umumnya. Beliau adalah penemu metoda berhitung jaritmatika, pendiri ibu profesional, school of life Lebah Putih dan masih banyak lagi. Enes menjalani proses homeschooling ketika SD, kemudian melanjutkan ke SMP 1 Salatiga dan bersekolah di Universitas yang berada di Singapore denagn beasiswa.

Sumber:

Ibu Septi ini memiliki cara yang unik dalam mengajar anak anaknya. Ia membimbing semua anak anaknya dengan homeschooling karena anaknya meminta untuk sekolah di rumah saja. Ada dua hal yang dilakukan olehnya dalam materi pendidikan, yaitu pelajaran akademik dan pelajaran kehidupan. Pelajaran akademik adalah ilmu dasar seperti matematika dan bahasa sementara pelajaran kehidupan adalah pelajaran tentang kehidupan. Pada pelajaran kehidupan anak anak dikenalkan pada proyek yang nyata yang melibatkan pelajaran akademik yang sudah didapat. Dengan cara seperti ini anak-anak akan mengetahui bagaimana kenyataan yang terjadi di lapangan dan bagaimana harus menentukan sikap.

Seluruh anaknya diajarkan untuk menerima tanggung jawab dan membuat komitmen untuk melaksanakan seluruh tanggung jawabnya. Ketika masih kecil, tanggung jawab yang diberikan juga kecil seperti membereskan mainan, membersihkan kamar mandi, dll. Kemudian beliau mengarahkan anaknya untuk mulai menentukan jalan hidupnya dengan membuat vision board. Vision board berisi impian dan tujuan anak anaknya dalam beberapa waktu ke depan. Setelah membuat vision board, ibu Septi mengarahkan dan memberikan alternatif merealisasikan mimpi-mimpi tersebut dengan memberikan kebebasan pada anak-anaknya untuk memilih caranya sendiri. Setelah vision board selesai dilakukan, akan dibuat rencana kerja dan evaluasi, tidak lupa diiringi dengan berdoa dan shalat tahajud agar Allah membantu tercapainya cita cita mereka.

Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar