Rabu, 26 Mei 2021

Belajar Komputer Pada Jenjang PAUD dan SD

Komputer sekarang sudah ada di mana  mana dan sangat mudah di dapat. Termasuk dalam dunia permainan dan informasi, komputer menjadi benda yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari hari. Tidak heran kalau anak anak pada jenjang PAUD sudah memegang gawai dan membuka aplikasi sesuai denagn kebutuhannya untuk bermain dan belajar. Gawai dan komputer dapat memberi dampak positif dan negatif pada anak anak (silahkan baca artikel ini: https://anak-kesayangan.blogspot.com/2018/08/cari-saja-jawabannya-di-google.html) . Kalau ia mampu memperlakukan gawainya dengan baik, ia akan  mampu memanfaatkannya, tapi kalau tidak, ia akan terperangkap dalam kecanduan gim, internet dan lain lain. 

Bagaimana cara memanfaatkan gawai dalam arti positif? salah satu caranya adalah mempelajari cara gawai bekerja dan program komputer yang ada di dalamnya.  Tidak ada salahnya kalau anak anak sejak belajar di PAUD diajak untuk belajar komputer agar kelak dapat berpartisipasi dalam dunia teknologi informasi yang berkembang dengan cepat ini. 

Bagaimana caranya? nah pertanyaan ini memang sulit untuk dijawab karena ketika kita berbicara tentang komputer, kita berbicara dunia yang sangat luas. Ada banyak aspek yang dapat dipelajari dalam dunia komputer seperti: 

  • Logika 
  • Algoritma (penerapan logika tingkat lanjut)
  • Kecerdasan Buatan (cabang dari Algoritma)
  • Sistem operasi komputer
  • Sistem Data (database)
  • Internet, server dan Protokol Internet    
  • Bahasa pemrograman (front end dan back end)
  • Dan masih banyak lagi yang dapat dipelajari

Yang mana dulu yang harus dipelajari? biasanya pada tahap awal adalah berpikir logis dan matematis. (O ya berpikir logis  matematis itu tidak sama dengan belajar Aritmatika..) setelah itu mungkin bisa mencoba bahasa pemrograman dan algoritma, lalu lanjut ke pelajaran lain yang lebih sulit. 

Berpikir logis matematis ini pelajaran dasar yang penting dan tidak terlalu membutuhkan gawai dan komputer.  Jadi nggak usah takut ragu dan mundur kalau kita belum mempunyai komputer. Walau anak sudah pegang gawai atau komputer dan menggunakan aplikasi, bukan berarti ia sudah belajar komputer, begitu juga sebaliknya, kalau tidak pakai komputer, bukan berarti tidak bisa belajar tentang komputer. Belajar komputer sebetulnya dapat dimulai denagn tidak menggunakan komputer, bahkan ada yang  memang membatasi anaknya menggunakan gawai tapi tetap dapat belajar komputer.

Bagaimana cara memulai belajar? secara anak di jenjang PAUD memiliki kemampuan yang masih terbatas, antara lain: 

  • Banyak berpikir secara konkrit dan sulit berpikir secara abstrak. Contohnya, anak usia 7 tahun ke bawah masih sulit untuk membayangkan sebanyak apakah angka 7 itu. Itu sebabnya alat bantu seperti  kelereng, sedotan, manik manik dan jari sangat membantu anak anak untuk dapat berhitung. Sementara belajar komputer membutuhkan banyak abstraksi.
  • Memiliki batas waktu konsentrasi. Anak kecil masih mudah teralihkan dan cepat bosan.. biasanya ada batas waktu belajar dan eksplorasi.. ada yang bertahan sampai 15 menit, atau lebih dan kurang dari itu.. tapi belum bisa dipaksakan untuk terus menerus duduk mengerjakan soal dan berlatih dalam waktu yang lama. Kalau sudah bosan, biasanya ia akan mencari kegiatan lain yang disukainya.. dan kalau pegang gawai, bisa saja ia beralih ke bermain gim atau melihat lihat iklan yang ada...
  • Kurang tertarik dengan benda yang terlalu banyak tulisan dan angka. Itu sebabnya gambar banyak ditampilkan pada berbagai buku pelajaran anak anak. Padahal belajar komputer banyak tulisan dan angka. 
  • Kurang motivasi dan dapat terjadi tantrum jika menemui soal yang sulit dan tidak dapat dipahami.

Dengan begitu banyaknya hambatan, masih banyak juga yang berusaha untuk mengenalkan komputer di jenjang PAUD, buktinya, ada banyak buku yang mengenalkan komputer pada anak balita seperti: html for babies, boolean logic for babies, my first coding books, dan lain lain. 

Selain buku, ada banyak website yang memberikan beberapa materi belajar komputer baik secara offline ataupun on line, yang tidak menggunakan komputer sama sekali atau juga keduanya, jadi sekali kali belajar dengan komputer, sekali kali tanpa komputer. 

Ada Scratch Junior yang bisa digunakan anak anak usia 5 tahun , ada juga Code org yang bisa mulai dicoba untuk anak yang belum bisa membaca (Pre Reader Express). Kalau pada Scratch Junior anak anak langsung terjun ke lapangan untuk membuat game dan bisa mengajukan pertanyaan pada forum diskusi,   di Code org, anak anak diajak untuk menyelesaikan masalah pemrograman setelah melihat video penjelasan. Materi yang disampaikan sangat sederhana, mulai dari mengendalikan mouse, membuat perintah, sampai pada mengarahkan objek untuk bergerak sesuai kehendak kita (seperti robot). Sebetulnya materi yang diajarkan pada Code org dapat diselesaikan dengan tanpa komputer dengan berbagai aktivitas dan worksheet.

Untuk anak anak yang lebih besar, bisa juga  mulai belajar dengan membuat game sederhana pada situs gratis seperti di Scratch. Review menggunakan Scratch dapat dilihat di sini.

Dari survei beberapa situs dan buku, saya menyimpulkan beberapa materi dasar pada jenjang ini adalah:

  • Belajar membuat perintah secara sistematis (membuat algoritma sederhana)
  • Belajar abstraksi sebuah benda
  • Belajar pengelompokan (grouping) 
  • Belajar logika (boolean logics, etc)

Konsep belajar ini dapat dikembangkan menjadi berbagai kegiatan dan lembar aktivitas, tidak harus menggunakan komputer, seorang guru dan kelompok anak anak atau sehelai kertas dan pensil sebetulnya bisa menjadi sarana untuk  mengenalkan anak anak PAUD belajar Komputer. 

Sayangnya saya belum melihat ada buku pelajaran khusus di Indonesia atau situs yang memberikan pengajaran secara mendalam mengenai hal hal di atas untuk anak tingkat PAUD dan SD. Padahal belajar logika dasar itu bisa mulai dipelajari pada tingkat SD, bahkan jenjang PAUD. Belajar logika kalau tidak salah dulu pernah saya dapatkan pada pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA (jika begini, maka, dll). Silahkan beritahu saya kalau ada yang sudah menemukannya ya..

Belajar logika ini juga dapat kita temukan pada buku teka teki, puzzle dan beberapa buku matematika yang mengutamakan HOTS. Ada juga situs dan grup di Facebook dari luar negeri yang mencoba menyajikan Matematika dari berbagai sudut termasuk logika, bisa dilihat di sini.

Beberapa lembar kegiatan tentang logika juga dapat diunduh gratis pada beberapa situs seperti di 

Untuk anak yang lebih besar bisa lihat 

Mungkin kalau ada yang berminat, kami bisa buat beberapa contoh lembar aktivitas yang dapat dipakai untuk belajar komputer tingkat pemula untuk anak SD dan PAUD. 

Nah, sekarang tinggal pilih, mau belajar yang mana dulu dengan cara apa, pakai komputer, gawai atau tidak sama sekali.  Untuk anak yang mulai belajar Bahasa Pemrograman, menggunakan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan kita harus memilih dan menyediakan kopmuter yang dibutuhkan. Untuk tahap awal menggunakan Raspberry Pi sudah cukup untuk bahasa program sederhana seperti Python dan Java Script.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar