https://id.pngtree.com/freepng/cartoon-watermelon-score-clipart_6030316.html |
Belum belajar persamaan aljabar, sudah ada soal cerita aljabar. Seperti yang kita ketahui soal Aljabar sederhana biasa membuat perumpamaan dan perbandingan beberapa bilangan utnuk mendapatkan hasil. cara ini agak sulit untuk anak usia sekolah SD kelas 1,2,3. Tapi apakah ada cara lain untuk menyelesaikan soal seperti ini?
Saya menemukan soal cerita ini di buku Matematika SD kelas 3.(diterjemahkan dengan sedikit modifikasi)
Soal ke 1
Kathy berkata kepada ayahnya: "Guru memuji saya hari ini karena memecahkan masalah." Adiknya mendengar ini dan berkata kepada Kathy: "Saya tidak tahu mengapa Anda dipuji, tetapi sayalah siswa nomor satu dalam aritmatika." Sang ayah lalu memberi soal untuk siswa siswa jago matematika.
Kathy membaca soal ayahnya: "Jika Anda menambahkan setengah bagiannya ke uang saya, Anda mendapatkan 81 Dolar. Berapa banyak uang yang saya miliki?"
Dan Adiknya membaca ini: "Jika ibu memasukkan sepertiga dari uang di dompetnya ke dompetnya, maka akan ada 68 Dolar di dompetnya. Berapa banyak uang di dompetnya?"
Anak anak menjadi malu karena kesulitan mengerjakan soal itu. Bisakah kamu membantu mereka?
Ada banyak cara dan jawaban yang dapat diberikan oleh anak anak.
Cara 1
Cara paling gampang adalah cara coba coba (Brute Force).
Kita bisa menebak terlebih dulu berapa uang milik ayah. Dari sana kita akan periksa apakah perhitungannya sudah betul atau belum. Jika belum kita akan menambah atau mengurangi tebakan seusai dengan hasil yang sudah ada.
Cara 2
Anak kelas 3 banyak yang belum belajar pecahan dan masih kesulitan membuat persamaan aljabar. namun soal ini bisa diselesaikan dengan membuat model dan membandingkan.
Uang yang ditambahkan adalah sesuatu = x
Uang itu adalah setengah dari uang saya. Jadi uang saya 2 kalinya. = 2x
Jumlah uang saya dan yang ditambahkan untuk saya adalah x+ 2x.
Hasilnya adalah 81 Dolar.
3 bagian x hasilnya 81, kalau 1 bagian adalah 81/3 = 27. Uang saya adalah 2 kalinya yaitu: 27 x 2 = 54 Dolar.
Cara 3
Soal ini juga dapat diselesaikan dengan cara membuat garis bilangan, atau membuat model gambar. Dan tentu saja untuk anak yang lebih besar bisa menyelesaikannya dengan persamaan aljabar.
Soal ke 2
Seorang pria bertemu dengan keluarga yang terdiri dari kakek, ayah dan anak, dan bertanya berapa usia mereka. "Kita semua umurnya100 tahun," jawab kakek. (maksudnya jumlah umur semua anggota adalah 100).
Kemudian pria itu bertanya kepada ayahnya: "Nah, katakan padaku, berapa umurmu?" - "Bersama dengan putra saya, saya berusia 45 tahun," jawab sang ayah, "dan putranya 25 tahun lebih muda dari saya."
Jadi pria yang penasaran itu tidak perlu mencari tahu berapa usia mereka masing-masing. Apakah kamu juga sudah tahu?
Cara menyelesaikannya hampir sama dengan soal ke 1.
Soal Ke 3
Yang ini adalah soal yang aneh tapi lucu.. 'thinking out of the box'.
Tugas lelucon
a) Berapa banyak ujung yang dimiliki 4 batang, 5 batang, 5 setengah batang?
Cara ini dapat diselesaikan denagn membuat model atau menggambar secara visual. Berapa ujung yang dimiliki oleh 1 batang.
b) Bagilah dua belas menjadi dua bagian yang sama di atas kertas sehingga setengah dari angka ini adalah tujuh.
c) Bagaimana cara membagi 188 menjadi dua bagian yang sama sehingga masing-masing menjadi 100?
Soal b dan c lebih sulit. Kita pasti membayangkan dua-belas itu adalah besaran atau jumlah. Padahal yang dimaksud di sini adalah angka. Dan format angka bukan hanya format arabic, tapi bisa bentuk lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar