Minggu, 04 Oktober 2015

Kejadian Sehari Hari Yang Berhubungan dengan Tekanan Udara (Fisika Fluida)



1. Suction Cup
Bekerja karena ada tekanan yang lebih besar di luar suction cup (di dalam suction cup diusahakan tekanan udara= 0 atau lebih kecil dari tekanan udara yang berada di luar ) menahan agar suction cup tetap menempel. Jika udara masuk ke dalam suction cup, tekanan di dalam dan di luar udara sama. Ini menyebabkan suction cup tidak dapat menempel.

2. Telinga ketika mendaki gunung
Udara dalam telinga tidak berubah ketka mendaki gunung (suhu, kepadanan dan tekanan di dlaam telinga relatif konstan), tapi kepadatan udara di luar telinga berubah karena ketinggian yang berubah.  sehingga terdapat perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar kuping. Ini menyebabkan tekanan di dalam dan luar telinga tidak seimbang dan membuat bunyi aneh dan tidak nyaman di dalam telinga. Kita bisa menguranginya dengan mengalirkan udara masuk atau keluar dengan gerakan menelan Bisa diseimbangkan dengan membuka mulut atau membuat gerakan menelan agar udara dapat mengalir masuk atau keluar telinga.

3. Udara di dalam ban mobil.
Tekanan udara di dalam ban dipengaruhi oleh kepadatan / density / massa jenis dan temperatur molekul udara yang berada di dalam ban. Semakin besar temperatur atau kepadatan molekul udara, semakin besar tekanan yg dihasilkan.

4. Makanan dalam wadah tertutup ketika dikeluarkan dari freezer akan menggelembung dan kadang mengeluarkan bunyi. Hal ini terjadi karena suhu udara yang berada di dalam wadah tertutup bertambah karena perubahan suhu di sekitarnya. Bertambahnya suhu ini menyebabkan volume dan tekanan bertambah. Ini yang menyebabkan tutup wadah menjadi menggelembung.

5. Spray dalam botol tidak boleh dipanaskan karena gas panas bisa meledak dari dalam botol

No 3 ,4 dan 5berhubungan dengan hukum gas ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar