Jumat, 25 November 2016

Origami Capit Buatan Anak Usia 7 Tahun


Sebetulnya motorik halus anak ini (anak ke empat, usia 7 tahun) masih belum cukup untuk membuat sebuah origami yang baik. Maklum saja karena ia tidak mempelajari origami secara khusus. Ia juga bermain lego, bermain tanah, menggambar, memasak dan lain lain. Anehnya untuk origami, ia lebih suka membuat kreasi sendiri dibandingkan melihat instruksi. Ia juga lebih menyukai origami yang bisa dimainkan daripada origami yang dibuat untuk hiasan. Sudah banyak sekali origami mainan yang dia buat, paling banyak tentu saja pesawat kertas. Ada bertumpuk tumpuk origami pesawat di rumah yang sudah rusak karena sering dimainkan dan masing masing memiliki spesifikasi sendiri sendiri. Ini adalah salah satu karya origami bukan pesawat terbang yang pernah dibuatnya .

Katanya ini adalah origami capit yang berfungsi sebagai capit yang dapat mengambil dan memindahkan benda benda kecil yang cukup ringan. Ada beberapa versi lagi setelah origami capit yang sudah dibuatnya ini, dengan sedikit tambahan dan variasi. Setelah selesai, dimainkan sampai kusut dan sobek dan dibuang ke tempat sampah, ia mulai membuat mainan ini kembali dengan sedikit variasi. Kegiatan ini bisa membuatnya terlihat sibuk selama beberapa lama sehingga saya bisa mengalihkan perhatian saya kepada pekerjaan yang lain di rumah.



Akhirnya saya tahu, ia tidak terlalu suka membuat origami berdasar instruksi karena masih kesulitan membaca simbol origami dan instruksi dalam bahasa Inggris. Maklum, kami tidak menggunakan bahasa Inggris di rumah sebagai bahasa sehari hari. Mungkin juga karena contoh origami yang ingin dibuatnya terlalu kompleks untuk anak seusianya.Masalahnya origami yang bagus biasanya memang agak rumit membuatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar