Rabu, 12 Juli 2017

Kegiatan Eksplorasi Segitiga Untuk Balita


Salah satu cara mengajarkan matematika untuk anak anak usia Balita adalah dengan bercerita. Di bawah ini adalah cerita yang dibuat oleh Marylin Burns dengan judul The Greedy Triangle. 
Buku ini menceritakan tentang sebuah segitiga yang merasa bosan dengan bentuk segitiga dan ingin berubah menjadi bentuk lain. Kalau belum sempat mendapat bukunya, kita bisa membaca cerita ini dari Youtube: 


Peserta yang terlibat dalam kegiatan kami adalah saya dan kedua anak saya yang berusia 5 dan 3 tahun. Namun di tengah tengah kegiatan, anak saya yang berusia 8 tahun muncul dan ikut terlibat.  Ketika kami melihat video ini, kami tidak melihatnya terus menerus. Kami berhenti dan berdiskusi serta melakukan beberapa kegiatan sebelum melanjutkan video.

Beberapa topik yang mungkin bisa menjadi aktivitas dari video ini adalah:
Saya mengajak anak anak untuk membuat aneka bentuk segitiga dari kertas. Bentuk segitiga siku siku, sama kaki dan sama sisi tentu saja dibuat selain bentuk segitiga dengan aneka sudut lainnya.  Setelah itu kami sedikit mengamati seluruh segitiga. Saya meminta mereka memilih segitiga yang disukai.

Dalam cerita, pengubah bentuk mengubah segitiga menjadi segi empat dengan  berseru 'Puf' dan berubah lah segitiga tersebut. Saya menantang anak anak (8, 5, 3 tahun) untujk mengubah segitiga menjadi segi empat. Ternyata mereka bisa menemukan bahwa bentuk segitiga bisa diubah menjadi segi empat dengan cara menggabung segitiga atau menggunting segitiga yang sudah ada. Aktivitas ini berlangsung terus hingga segitiga berubah bentuk menjadi bulat.

Penutup dari kegiatan ini saya meminta anak anak bercerita tentang bentuk bentuk segitiga dalam bentuk gambar. Ini adalah hasil karyanya:


Karya anak usia 5 tahun

Karya Anak Usia 3 tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar