Ini adalah tutorial lanjutan dari part ke-3
Di dalam part 4, kamu akan menambahkan koin yang dapat diambil oleh pemain.
Menambahkan Koin
coin.png |
Uploadlah gambar diatas ke Unity.
Seperti biasa, buatlah sebuah object kosong di dalam "tiles" bernama "coins". Buat objek koin di dalamnya.
Kemudian tambahkan komponen "Circle Collider 2D" dan ubah nilai Radius menjadi 0.3, jangan lupa untuk mencantum "Is Trigger". Buatlah prefabnya seperti biasa.
Kemudian buatlah sebuah script bernama "CoinScript" seperti berikut:
Tambahkanlah script itu ke prefab coin.
Karena script itu dimasukkan ke prefab koin, ia akan menghapus koin yang disentuh objek yang tagnya adalah "Player" (penggunaan huruf besar berpengaruh).
Sebelum dicoba, kita perlu mengubah tag si player dari "Untagged" menjadi "Player".
Sekarang, player sudah bisa mengambil koin-koin yang berada di level.
Tetapi ada yang kurang, koin langsung menghilang ketika diambil si player. Marilah kita tambahkan efek dengan mengubah script "CoinScript" menjadi seperti ini:
Di script ini kita menambahkan sebuah fungsi IEnumerator, saya menggunakan fungsi ini karena garis kode yield return null; tidak dapat ditulis di dalam fungsi biasa. Garis kode itu menunggu satu frame.
Keren blognya, tentang membuat game untuk anak. Fotonya juga dibuat menarik, tampilan gif... Sukses selalu
BalasHapus