Rabu, 25 Januari 2017

Kegiatan Anak SD: Mengamati Bunga di sekitar rumah

Walaupun hampir setiap hari kami berjalan pagi ke lingkungan sekitar rumah, tapi tidak setiap hari kami melakukan pengamatan. Berjalan pagi pada awalnya dilakukan utnuk mendapatkan sinar matahari pagi dan melakukan aktivitas motorik saja. Pengamatan dilakukan secara mendadak jika memang ada benda yang aneh dan cukup menarik terdapat di lingkungan kami.

Namun ketika anak anak membawa pulang bermacam macam bunga, saya mencoba untuk mengajak anak usia 7, 5 dan 2 tahun untuk melakukan pengamatan, dokumentasi dan presentasi. Anak anak mendokumentasikan bunga yang dibawa dengan membuat berbagai coretan, juga memotret bunga yang di bawa. Ternyata kegiatan yang saya rencanakan hanya sebagai selingan sebelum belajar selama kurang lebih 5 menit, bertambah menjadi lebih dari setengah jam. Beberapa  bahan pembicaraan ini sebenarnya adalah gabungan dari berbagai topik pelajaran seperti: seni, science, matematika dan tentu saja bahasa Indonesia.Untuk tingkat lanjut bisa ditambahkan ilmu pertanian, pertamanan, landscape, dan lain lain.








Ringkasan kegiatan yang kami lakukan adalah:

1. Memilih bunga yang paling disukai dan menjelaskan mengapa suka dengan bunga tersebut. Bunga berwarna merah. Kami menemukan bunga yang serupa dan mendapatkan namanya setelah mencari di google image. Bunga ini juga menarik karena tidak seperti bunga lain yang memiliki kelopak, bunga ini memiliki banyak bulu berwarna merah  yang tumbuh melingkar membentuk spiral.
2. Menghitung jumlah kelopak bunga. Apakah kelopak bunga berjumlah ganjil atau genap. bagaimana pola yang terbentuk pada bunga? Bunga bougenvil yang kami temukan berjumlah ganjil di bagian dalam dan ganjil di bagian luar, sementara bunga alamanda berwarna putih dan ungu muda berjumlah ganjil.  Ternyata ada juga yang berjumlah genap, hanya 2 kelopak yaitu bunga euphorbia.
(http://www.kebunpedia.com/threads/share-menanam-tanaman-hias-bunga-euphorbia-bunga-cantik-pembawa-keberuntungan.742/)


3. Melihat apakah ada kesamaan antara bunga yang satu dan lainnya dari warna, tekstur, motif dan bau bunga.



Ada juga 2 lembar daun yang berwarna magenta dan oranye yang cukup menarik untuk diambil dan diamati anak anak.

Ada lebih banyak lagi yang bsa kita amati dan belum kami lakukan karena waktu yang terbatas. Antara lain: pada bagian mana bunga dapat tumbuh dan menjadi buah? Bagaimana perubahan bunga sejak kuncup sampai menjadi buah? Seperti apa bentuk pohon bunag bunga tertentu? Bagaimana tinggi pohon tersebut, dll.

Jangan lupa untuk mengajak anak anak untuk mengingat dan bersyukur bahwa semua bunga aneka warna dan bentuk itu adalah ciptaan Tuhan yang Maha Hebat.

#maindiluar #maindialam #playoutside #naturejournal #naturejournaling #learnfromnature

7 komentar:

  1. Ini yang dinamakan konsep bermain sambil belajar, sambil bersyukur atas nikmat Allah SWT. Anak pun diharapkan semakin cerdas dan soleh

    BalasHapus
  2. wah dngan cara ini belajar jadi menyenangkan ya kak..karena ada alat peraga untuk memperjelas materi pelajaran

    BalasHapus
  3. Mmg paling seru itu klo belajar dari alam. Liat sana sini, petik ini itu, amati.. udah langsung dpt macem2 ilmu. Anak2 jg gak bakal bosen ya, krn gak seperti belajar formal

    BalasHapus
  4. Wah kegiatan yang sangat menarik sekali ini mbak. Belajar langsung membuat anak lebih mudah untuk memahami. Selain itu juga lebih menyenangkan. Mumpung masih belajar di rumah, kegiatan belajar seperti ini mau saya praktekkan juga...

    BalasHapus
  5. Bener, apapun itu mau bunga mau hewan. Yang pasti hal tersebut mengajarkan rasa syukur pada tuhan.

    BalasHapus
  6. Kreatifnya Mbaak. Kalau pakai aplikasi yang bisa mengenali nama-nama tanaman dalam kegiatan seperti ini bisa makin seru, ya.

    BalasHapus
  7. Aktivitasnya keren banget. Mengajak anak untuk bermain sambil belajar dengan cara sederhana.
    Seharusnya saya terapkan juga pada Palung agar tahu bentuk dan warna bunga. Serta bisa lakukan deskripsi dari hasil pengamatan. Itu lebih baik daripada nonton YouTube.

    BalasHapus