Sabtu, 31 Mei 2014

Step by step membuat Rubberband Car

Mengapa membuat Rubber band Car? silahkan lihat di sini. Kegiatan membuat rubberband car sebetulnya sudah lama selesai. Namun anak anak masih suka bermain dengannya bahkan membuat kembali rubber band car. Di bawah ini adalah tulisan dari no 1 dibantu dengan no2 untuk semua anak anak lain yang ingin membuat rubberband.

Rubber Band Car


Arti dari Rubberband car adalah mobil karet."Rubberband" berarti karet, "car"  artinya mobil. Kenapa ia diberi nama begitu? karena mobil ini memakai karet supaya bisa berjalan. Penasaran? Yuk langsung ikuti saja cara membuat step by stepnya dibawah ini,mudah kok !


Step by Step

  • Siapkan kardus (bisa kardus apa saja. kardus susu, shampoo, cereal, odol, dll. Saya pakai kardus odol). Potong bagian atasnya.

 

  • Potong ujung bawah kardus seperti huruf "W" untuk  sangkutan karetnya  

  • Siapkan 4 buah roda(bisa dari tutup botol atau karton yang dicetak bulat)

  • Lubangi tengahnya.. 

 
  • Tusuk 4 lubang di kardus yang sudah dipotong tadi (2 lubang di setiap sisi). Tusuk lubang roda dengan sumpit bekas (alternatif lain: pensil, atau batang lain yang keras). Kemudian sambung dengan badan mobil (kardus bekas yang sudah dipotong & dilubangi tadi) seperti ini:



  • Siapkan  karet  secukupnya (saya pakai 2 karena kardus odol itu panjang). Cobalah bereksperimen dengan berbagai  jumlah karet, dan lihat hasilnya..:) 




  • Ikat karet di roda belakang. Mengikat karetnya harus seperti ini ya, jangan terbalik, nanti dia jalannya jadi mundur kebelakang (silahkan bereksperimen :))


  • Selipkan karet di potongan huruf "w" tadi
 

  • Jadi seperti ini:




  • Uji coba  mobilmu dengan cara memundurkannya kemudian dilepas. Jika mobilmu jalan berarti mobil kamu sudah berhasil , dan sekarang adalah waktunya mendekor. mendekor itu banyak variasinnya, bisa digambar pakai spidol, kertas warna, kertas crap, ditempel sticker, dll.. selamat mendekor.




Jika Belum Berhasil

Kalau kamu belum berhasil, selidiki apa masalah mobilmu ini. Pada umumnya, masalah pada mobil karet ini terletak pada rodanya. Kenapa? Rodanya itu suka miring miring karena diameter pada lubang pada roda lebih besar (kendor) daripada diameter batangnya (batang sumpit tadi).





Solusinya adalah menempelkan selotip kertas di batang yang akan ditaruh rodanya (mungkin sampai dilem,supaya roda tidak bisa bergerak).Seperti ini:




Selain dari itu biasanya ada masalah di tempat sambungan antara kardus dan sumpitnya terlalu sempit, jadi si batang sumpitnya tidak bisa bergerak. solusinya mudah sekali, yaitu memperbesar lubangan tadi sehingga sumpit bisa berputar dengan mudah.



Dekorasi Mobil

Bagaimana hasil mendekor mobil ini? ini adalah salah satu contohnya.










Inilah si "mobil tangki susu " ketika jalan:





Ini mobil rubbber band yang terbuat dari  kardus bekas havermout. Cara membuatnya dan cara bekerjanya sama, tapi model, ukuran dan cara mendekornya berbeda.









Ini adalah video mobil rubberband lain. Pada mobil ini terdapat pengungkit yang membuat boneka kertas di atasnya bergerak naik turun. Foto sudah pernah ditampilkan di sini.






Ini video mobil rubberband dengan roda belakang yang ekstra besar (namanya si Roda Besar). Foto sudah pernah ditampilkan di sini.



Mobil mobil ini sedang lomba. 1, 2, 3, go!





Putaran optical illusion si Roda Besar.


Alternatif Rubber Band Car dapat dilihat di sini.

3 komentar:

  1. Kak saat mobilnya dimundurkan. karetnya tidak ikut berputar. bagaimana ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah posisi karet sudah sama dengan gambar https://4.bp.blogspot.com/-eV6IKIZf3zs/U4kOC4sheGI/AAAAAAAAAOU/9otjRbs775I/s1600/karet+dipasang+pada+batang.jpg ? Kalau karetnya terbalik maka karet tidak bisa tergulung pada batang poros.

      Hapus
  2. Simpan dulu untuk dicoba jika Palung tertarik. Agak takut mencobanya karena merasa sulit padahal jika sudah dicoba siapa tahu mudah. Terima kasih.

    BalasHapus