Kamis, 03 September 2020

Belajar Bilangan Kelipatan (Bebas Unduh Lembar Aktivitas)

Salah satu pelajaran Matematika yang diajarkan di SD adalah  materi bilangan, diantaranya : penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian. Materi ini cukup sering dipakai dalam kegiatan sehari hari seperti dalam jual beli dan lain lain. 

Belajar Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan

Ada banyak variasi yang dapat dilakukan ketika belajar operasi penjumlahan dan pengurangan seperti: melakukan pengelompokan, melihat pola bilangan, menggunakan model, membuat cara grafis, menggunakan alat ukur sederhana, melakukan eksperimen, bahkan mencoba menerapkan perhitungan dalam kegiatan sehari hari. Cara ini akan dibahas lebih lanjut pada kesempatan yang lain. 

Belajar Berhitung Perkalian dan Pembagian

Hal yang sama ketika belajar tentang perkalian dan pembagian. Ada banyak cara belajar yang dilakukan utuk belajar perkalian selain menghafal seperti metoda menggunakan jari, melihat pola, pengelompokan, penjumlahan berurut, dan lain lain.  Cara ini akan dibahas lebih lanjut pada kesempatan yang lain. 

Belajar Bilangan Kelipatan

Setelah berlatih dengan perkalian dan pembagian, kita akan berlatih dengan bilangan kelipatan. Materi ini akan digunakan untuk materi selanjutnya yaitu FPB Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil), setelah itu kita akan lebih mudah mengerjakan soal matematika lain seperti pecahan, deret, aljabar, dan lain lain. 

Contoh Kegiatan Belajar Bilangan Kelipatan

Beberapa kegiatan untuk mempelajari bilangan kelipatan yang dapat dilakukan adalah:

1. Melakukan penjumlahan berulang dengan kelipatan yang sama dalam bentuk perhitungan dan grafis. 

Untuk anak TK dan SD bisa dengan membuat gambar kodok dan kelinci melompat jumlah lompatan berbeda dan mencari titik temunya.

2. Mencari bilangan prima dengan membuat saringan erastothenes. Membuang semua bilangan yang bukan prima secara satu persatu. Warna warna bilangan kelipatan yang berbeda membuat soal ini menjadi lebih menarik.

3. Mengerjakan soal cerita yang mengaplikasikan bilangan kelipatan seperti: berapa lama lagi kedua lampu akan berkedip? berapa jumlah kacang dan telur yang dapat masuk dalam kantong? Di mana kancil dan kangguru akan bertemu? dan lain lain

4. Menerapkan perhitungan bilangan kelipatan dalam kehidupan sehari hari misalnya dalam menghitung jatah makan setiap hari, belanja keperluan selama satu bulan, membuat goody bag, bermain pasar pasaran, dan lain lain. 

5. Dengan game aplikasi. Ada banyak pilihan game untuk anak, pilihlah yang bermanfaat.

Game Aplikasi Bilangan Kelipatan

Salah satu game aplikasi yang pernah dicoba oleh anak anak saya pada tingkat SD yang sedang belajar bilangan kelipatan adalah game yang dibuat oleh si Sulung, kurang lebih 3 tahun yang lalu. Namanya Kelip Lebah. Game ini juga dibuat untuk mengikuti Lomba Aplikasi Mobile Ki Hajar yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017 yang lalu dan aplikasi ini terpilih dalam kategori kontributor 2017.

Game Kelip Lebah dibuat untuk melatih anak sekolah dasar belajar bilangan kelipatan. Game ini mengajak anak untuk berlatih mengenal bilangan kelipatan tanpa harus mengerjakan lembar kerja dalam bentuk tulisan. Anak akan diajak untuk menolong lebah mencari bunga yang sesuai dengan bilangan kelipatan. Lebah, bunga, musik dan tampilan grafis lain diharap dapat membuat anak menjadi terhibur dan tidak bosan ketika mengerjakan soal. 

 Halaman Depan



                                                    (gambar: halaman depan kelip lebah)

Tombol bergambar Kunci untuk memilih aplikasi dijalankan dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Tombol tanda tanya berisi petunjuk memainkan aplikasi, tombol segitiga untuk bermain, tombol buku untuk belajar dan tombol medali untuk melihat peringkat.

Tombol buku 

Yang terdapat dalam tombol buku adalah belajar mengenal bilangan kelipatan dengan ciri ciri tertentu. Misalnya untuk bilangan kelipatan sepuluh, salah satu cirinya adalah terdapat bilangan 0 pada digit terakhir. Ciri ciri bilangan kelipatan ini didapat dari berbagai sumber buku matematika. Dengan ada ciri ciri ini diharap anak dapat mengetahui bilangan kelipatan dengan lebih mudah dan cepat dan dapat menggunakannya untuk mengerjakan soal matematika lain yang lebih kompleks

 

                                                (gambar: halaman belajar bilangan kelipatan)

Tombol tanda tanya

Berisi petunjuk bermain aplikasi.  Cara memainkannya cukup mudah karena kita dapat menggerakkan lebah ke bagian layar di mana saja. Ada batasan jumlah nyawa dalam bentuk hati dan nilai yang akan dipakai untuk melihat pemain ada di peringkat berapa.


                                                    (gambar petunjuk memainkan aplikasi) 

Tombol segitiga 

Adalah tombol yang akan membawa kita pada halaman bermain. Tampilannya kurang lebih seperti ini: 

 

 

 Game ini dapat diunduh di sini

6. Mencari pola dan menerapkan pola dalam kegiatan 'art and craft'. Misalnya untuk bilangan kelipatan 3 setiap maju 3 langkah warna akan berubah, menyusun kancing atau manik manik dengan bilangan berpola kelipatan, menyusun lego berpola bilangan kelipatan, dan lain lain. 

 


7  Bermain engklek kelipatan, dengan meloncat pada bilangan kelipatan


8. Melakukan 'Nature Walk' dan melihat pola yang ada pada bunga, ranting, daun, dan lain lain

9. Berolahraga dengan hitungan bilangan kelipatan. Kalau ada lebih dari 2 anak lebih seru karena tiap anak dapat melompat dengan bilangan yang berbeda dan kita akan menebak pada hitungan berapa dapat melompat bersama sama. 

10. Dengan mengerjakan lembar soal

Mungkin ada yang tidak percaya kalau ada anak yang suka mengerjakan lembar soal, namun beberapa anak saya di rumah seperti itu. Mengerjakan soal sebetulnya banyak manfaatnya karena dapat juga melatih anak untuk menulis dan  menyampaikan apa yang dipikirkannya. Namun kita perlu memilih soal seperti apa yang cocok untuk anak agar tidak terlalu mudah dan tidak terlalu susah. Bagi anak yang baru belajar membaca, hindari soal yang terlalu banyak tulisan, perbanyak warna dan gambar. 

Jika yang berminat untuk mendapatkan lembar soal bilangan kelipatan, silahkan kirim email ke anak.kesayangan.blogspot@gmail.com 

Contoh Worksheet


34 komentar:

  1. Saya penasaran dengan lembar soal bilangan kelipatan. Setelah dari sini saya mau kirim email ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya, sudah mau melihat lembar kerjanya.. lembar kerja sudah dikirim

      Hapus
  2. Pas banget nih, anakku kelas 2 SD lagi belajar perkalian dan pembagian. Akan kucoba tipsnya untuk bantu dia belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran sama game Kelip Lebah. Kayanya menarik buat belajar bareng si bungsu. Kebetulan pelajaran di sekolahnya juga lagi bahas perkalian dan pembagian.

      Hapus
    2. Semoga bermanfaat.. anaknya kelas berapa? SD kelas 6 atau SMP awal sedang belajar FPB dan KPK

      Hapus
  3. saya suka mampir ke blognya mba, banyak ilmu yang bisa saya ambil, banyak pelajaran yang bisa saya terapkan ke anak-anak atau sodara di rumah tentang pembelajaran apa saja, semangat mba menulisnya, saya selalu menunggu dan suka membacanya, termasuk hitung-hitungan bilangan kelipatan begini, caranya unik

    BalasHapus
  4. Betapa beruntungnya anak-anak zaman sekarang punya banyak pilihan dan cara menyenangkan untuk belajar matematika. Saya tuh lemah di matematika. Apalagi ada Kelip Lebah. Wah anak-anak bisa enjoy sekali belajar dengan cara begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga nggak pandai matematika.. dulu zaman saya memang terbatas cara belajarnya

      Hapus
  5. Hebat ih si kakak bisa bikin game matematika. Belajar di mana bun? Coba ah donlot aplikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mencobanya.. kalau mau lembar aktivitasnya silahkan email saja

      Hapus
    2. Anak anak belajar mandiri di rumah.. lewat google dan coba sendiri..

      Hapus
  6. Barusan saya kirim email untuk lembar soal matematika. Senang banget bisa baca artikel ini.
    Tidak menyangka ada anak-anak yang jago bikin aplikasi bermain untuk belajar matematika.
    Ya Allah, nilai matematika saya parah.
    Salam untuk anak di rumah. Salut banget. 😍👍❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.. terimakasih ya.. lembarnya sudah dikirim lewat email

      Hapus
  7. Belajar bilangan kelipatan dengan media2 di atas kayaknya seru sekali buat anak, sehingga anak tidak menjadi bosan dalam mempelajarinya. Keren2 semua ini mba, ingin saya coba juga agar anak saya kelak bisa pandai berhitung bilang kelipatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar.. ada banyak app developer cerdas sekarang.. semoga bisa mencerdaskan bangsa

      Hapus
  8. Ternyata banyak hal menarik di website https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/ ya ... anak-anak bisa belajar matematika dengan cara menyenangkan di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. tinggal unduh saja karena semuanya gratis

      Hapus
  9. Game kayak gini nih yang bagus tuk anak2. Katagihan jg gpp karena mengasah pelajaran matematika ya. Thanks sharingnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali.. ketagihan ya jangan juga, karena anak anak perlu istirahat dan banyak belajar bidang lainnya

      Hapus
  10. Menarik dech belajar bilangan dengan cara mencari dan menerapkan pola dalam kegiatan art and craft. Jadi rasanya seperti bermain ya. Anakku masih tahap belajar meronce berbagai bentuk manik2, memasukkan benang ke lubang manik2.

    Trus semacam engklek baru dilakukan di keramik dalam rumah...hehaheh.... Klo nature walk kami suka banget niy, sambil menghirup udara segar dan belajar apa aja yang ada di alam.

    Sekarang anakku lagi senang menebalkan huruf vokal AIUEO yang aku bikin tipis2 di buku belajarnya. Dia suka banget karena di akhir aku kasih gambar bintang yg bisa diwarnai...hehehe

    Makasih ya Kak udah sharing cara belajar buat anak. Banyak masukkan buat aku niy jadi terinspirasi dech. Sukses dan berkah selalu Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak sudah berkunjung.. semoga tambah pandai dan solehah anaknya

      Hapus
  11. Sudah kirim email tetapi belum dapat balasan. Ditunggu, ya.
    Belum bisa unduh aplikasi belajarnya karena kapasitas ponsel terbatas.
    Berharap Palung suka matematika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dikirim, maaf terlambat karena si Sulung ingin menambahkan materinya

      Hapus
  12. Biasanya saya mengajarkan bilangan kelipatan ini dengan game "Hitung Dor". Game ini asyik dimainkan oleh beberapa anak dan membuat mereka bisa mengetahui kelipatan suatu bilangan.

    Next pingin nyobain media lainnya seperti yg ditulis diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran, bagaimana cara bermain "Hitung Dor"

      Hapus
  13. Main engklek dengan bilangan kelipatan kayaknya menarik ya. Jadi cara belajarnya lebih menarik dan menyenangkan. Ga terasa kalau sebenarnya lagi belajar berhitung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. mainan klasik yang masih populer sampai sekarang

      Hapus
  14. saya bacain blog mba berasa lagi sedang mengingat kenangan waktu belajar di SD ya, memorinya jadi terkuak lagi mengingat teman-teman SD, guru-guru SD, dan juga kegiatannya yang seru banget, termasuk menghitung perkalian dengan istilah FPB atau KPK, bener-bener mengingatkan saya zaman SD hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. anak saya memang ada yang masih SD, jadi ya muter muter di situ.. kalau yang gede gede udah belajar mandiri sekarang..

      Hapus
  15. Belajar bilangan kelipatan seru juga kalau sekalian main engklek jadi anak gak terfokus untuk belajar saja, bisa sambil bermain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermain sambil belajar memang lebih menyenangkan ya..

      Hapus
  16. Banyak anak yang fobia matematika. Tetapi, dengan aplikasi ini dibuat seperti bermain gim. Sehingga perlahan mereka yang tidak suka matematika menjadi tertarik. Dan yang sudah jago semakin jago matematika. Kalau dulu, yang viral itu penggunaan sempoa untuk mempermudah menghitung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma salah satu cara aja.. banyak cara lain yang mungkin cocok .. kalau saya belum pernah coba sempoa malah.. karena saya lebih tertarik yang ke arah cara berpikir

      Hapus