Sabtu, 29 Maret 2014

Percobaan: Motor Kecil Sederhana Dari Batre

Anak-anak suka melihat peristiwa yang tidak biasa seperti perubahan reaksi kimia, kesetimbangan yang aneh, permainan cahaya, dll. Membuat motor sederhana dapat menjadi salah satu hiburan untuk mengurangi kebosanan dan kejenuhan belajar.

Bahannya adalah sebagai berikut:
  • 1 buah batre AA
  • kabel listrik
  • paperclip (penjepit kertas)
  • magnet (lebih bagus dengan neodymium magnet)
  • selotip kertas
  • gunting
  • serta banyak banyak kesabaran dan ketekunan

Instruksinya dapat dilihat di situs Makezine dan di situs Sci-Toys

Kurang lebih motor kecilnya menjadi seperti ini :
 Gambar dari: http://makezine.com/projects/simple-motor/

 Gambar dari: http://sci-toys.com/scitoys/scitoys/electro/electro.html

Tentu saja percobaan ini tidak selalu langsung berhasil, silahkan menemukan sendiri apa yang membuatnya tidak bekerja. Periksa kembali apakah batere, coil dan magnet dapat bekerja dengan baik. Juga sambungan antara kabel batre dan paperclip.

Permainan menggunakan motor sangat menarik, apalagi kalau bisa dibikin sendiri. Jika tertarik dapat melihat artikel-artikel tentang membuat mainan bermotor di website Arvin Gupta: motor and generator.php.

Hasil Karya di Rumah

Berikut ini proses percobaan pembuatan motor listrik dari batere  dengan anak-anak di rumah.

Pertama kabel digulung, supaya rapih digulung dengan batre bekas. 




Sesudah digulung, jangan lupa, bagian ujung diamplas agar listrik dapat berpndah dari batre ke coil. Pada satu bagian, diamplas pada bagian atasnya saja, bawahnya dibiarkan tidak diamplas, bagian lainnya diamplas seluruhnya.

 

 Sekarang menyiapkan paperclip. Ini  paperclip yang dipakai.:

  

Peperclip dibentuk dengan pensil atau batang lainnya seperti ini:


Setelah digulung, paper clip dipasang ke batre dengan menggunakan selotip.




Nah ini kedua paper clip sudah dipasang dan magnet sudah diletakkan di tengah batre.... tapi ternyata motor belum dapat bergerak...



Sekarang waktunya untuk memeriksa kembali apakah seluruh instruksi sudah dikerjakan dengan baik. Kita bisa memeriksa kembali ujung coil apakah sudah tersambung dengan baik, apakah paper clip sudah menempel dengan baik. Periksa juga apakah batre dan magnet masih berfungsi. Bisa dikerjakan dengan manual atau menggunakan multi meter sebagai alat bantu untuk mengetahui apakah sudah ada arus mengalir melalui coil dan batre.

Pada prakarya ini akhirnya kami mengganti magnet biasa dengan magnet neodymium.  Akhirnya motor bisa bekerja dengan baik. Alhamdulillah.




 Ini videonya:


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar