Rabu, 05 September 2018

Membuat Ulang Pie Chart Dari XKCD Dengan Kertas

Tulisan anak berumur 9 tahun yang akhirnya mau belajar menulis. 

Saya menemukan gambar pie chart seperti ini di xkcd (https://xkcd.com/2031):



Gambar yang berada di sebelah kiri tidak tepat karena jumlah total pie chart lebih besar dari 100 persen. Setahu saya, ketika belajar matematika, jumlah pie chart harus 100 % dengan jumlah sudut 360 derajat. Apakah kita bisa membuat pie chart lebih dari 360 derajat? Menurut XKCD, pada gambar di sebelah kanan, kita bisa membuat pie chart yang jumlahnya lebih dari 100%, tapi bentuknya jadi berbeda. Saya mencoba membuat ulang bentuknya dalam kertas. Hasilnya seperti ini:

Update: 3 tahun kemudian saya baru tahu kalau benda yang bentuknya seperti itu dinamakan hyperbolic

Cara membuat:

bahan-bahan yang diperlukan:

  • busur derajat
  • gunting
  • 4 kertas warna-warni
  • alat tulis
sekarang kita perlu mengubah persen menjadi derajat,  di berikut adalah rumus mengubah persen menjadi derajat.

derajat=360÷(100÷persen)

berikut adalah angka beberapa persen yang telah saya pakai:
  1. 40%, warna hijau
  2. 45%, warna merah
  3. 15%, warna biru
  4. 30%, warna kuning
lalu buat titik di tengah kanan.
lalu taruh busur derajat seperti gambar berikut:


lalu buat titik di angka derajat dengan rumus tadi
lalu buat garis di antara titik tadi sampai ke 0 derajat
lalu ambil busur derajat
lalu buat garis dari titik sampai ke titik yang tadi



lalu ambil busur derajat menjadi seperti berikut:


lalu gunting kertas itu sesuai garis.
lalu ulangi sampai potongan-potongannya ada 4
lalu sambungkan potongan-potongannya
Selesai!

1 komentar:

  1. Agak bingung karena saya harus praktikkan jika baca tips matematika. Tapi harus ajak Palung untuk mencoba. Tinggal beli penggaris busur derajat dan kertas berikut lem agar semangat mencoba belajar matematika.
    Teori butuh praktik. Agar saya paham juga harus lakukan hal serupa, bersama Palung mencoba. Terima kasih.
    Keren anak teteh sudah bisa bikin ini. Semangat

    BalasHapus