Senin, 13 Januari 2014

Misteri si Air Soda

Beberapa hari yang lalu anak anak mencoba untuk praktek memasak bolu kukus merekah dengan menggunakan air soda. Karena tidak ingin gelembung udara dari air soda dalam kaleng hilang, air tersebut dimasukkan ke dalam kantong plastik yang disimpul. Air tersebut dimasukkan ke dalam kulkas. Apakah yang terjadi?? Gelembung udara di dalam plastik bertambah banyak dan ketika air soda tersebut dikeluarkan dari kulkas beberapa saat sesudahnya plastiknya pecah dan mengeluarkan air dengan gelembung gelembungnya..... mengapa ini bisa terjadi?

Biasanya kalau diajak untuk bereksperimen air soda dengan gelas ukur dan tabel, mereka cenderung untuk menolak, tapi dengan kegiatan sehari hari,  pokok bahasan tentang gas CO 2 ini menjadi lebih menarik. Belajar dapat dilakukan sambil membuat bolu kukus, martabak manis, biskuit dll.

Percobaan lain denagn menggunakan air soda diantaranya:
http://pbskids.org/zoom/activities/sci/filmcanisterrocket.html,
http://www.stevespanglerscience.com/lab/experiments/film-canister-rocket, http://www.hometrainingtools.com/film-canister-rocket/a/1494/,http://www.sciencelearn.org.nz/Contexts/Rockets/Teaching-and-Learning-Approaches/Film-canister-rockets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar