Senin, 03 Februari 2014

Pentingnya Shalat Untuk Anak Remaja

Usia remaja adalah usia yang rawan. Secara lahiriah, fisik sudah dikategorikan dewasa, tapi secara rohaniah belum tentu. Jika masa ini remaja kurang mendapatkan pendidikan secara lahiriah dan rohaniahnya, ada kemungkinan ia salah langkah atau tertinggal dalam proses belajar. Pendidikan lahiriah dapat dilakukan lewat lembaga pendidikan formal dan informal berupa pendidikan akademik sementara pendidikan rohaniah lewat kehidupan sehari hari. Jika proses pendidikan lahirian dan rohaniah ini tidak dilakukan, akan banyak kekacauan yang terjadi baik dalam kehidupan remaja itu sendiri maupun dalam lingkungannya.

Salah satu fase yang harus dilewati pada anak remaja adalah kemandirian. Biasanya pada masa ini anak sudah mulai belajar untuk mengambil keputusan sendiri dan mulai belajar melepaskan diri dari orangtuanya. Terkadang hal ini menyebabkan mereka merasa cemas dan takut. Disini shalat memegang peranan yang cukup penting. Shalat dapat menjadi tempat untuk mengadu kepada Tuhan. Apa saja dapat diceritakan kepada Sang Pencipta, walaupun kita tidak bercerita sesungguhnya Dia telah tahu karena Dia Maha Tahu... Shalat juga dapat melembutkan hati dan mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar sehingga dengan shalat yang betul, sifat buruk dalam diri kita lebih mudah untuk dibuang.


Pendidikan shalat sangat penting untuk seluruh manusia termasuk anak remaja. Pastikan anak anak sudah mulai belajar mendirikan shalat, memenuhi segala rukun dan syarat syah shalat dan belajar memahami arti bacaan shalat serta menghayati shalat ketika sedang shalat dan sesudah shalatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar