Minggu, 16 Februari 2014

Bergembira Dengan Membuat Rubber Band Car Dari Barang Bekas

Ini adalah salah satu kegiatan di rumah yang dilakukan di waktu senggang yaitu berkreasi membuat sesuatu. Kali ini anak anak membuat mobil karet yang bisa berjalan sendiri dari bahan bahan yang ditemukan di rumah. Mobil ini cukup menarik karena dengan  memutar karet lalu melepaskannya, energi potensial yang terdapat dalam karet akan berubah  menjadi energi kinetik dan mobil akan bergerak. 

a. Manfaat

Membuat rubber band car dari barang bekas memberikan banyak manfaat  dan pelajaran bagi anak anak antara lain: 

1. Melatih motorik halus, 

Pada kegiatan ini anak anak akan menggunting kertas, menempel , memotong batang sumpit. 

2. Melatih skala dan ukuran dengan membuat perkiraan bentuk yang sudah jadi, memasang dan memotong pola pada karton, memperkirakan panjang poros dan lain lain

3. Belajar fisika mekanika dengan melihat sendiri bagaimana energi elastik pada karet dapat beruibah menjadi energi gerak. 

4. Menghargai barang barang yang sudah digunakan dan belajar memanfaatkannya kembali. 

Mereka akan memberikan penghargaan yang besar kepada barang barang yang nampaknya sudah tidak bermanfaat menjadi sesuatu. Jadi, proses belajar dimulai dari belajar 'melihat' apa potensi dari barang barang bekas tersebut, berfikir akan dimanfaatkan seperti apa dan mewujudkan ide dan gagasan tersebut dalam bentuk nyata.

Gagasan membuat mobil dengan energi karet elastik (rubberband car) secara teknis dan teori dapat di search di google, sudah banyak yang membuatnya dari batang es krim, karton bekas kemasan, wadah atau kontainer, styrofoam, kertas dll. Kertas adalah bahan dapat mudah didapat dan memiliki banyak manfaat yang hampir tidak terbatas.


Ada beberapa video menarik yang bisa dilihat di youtube tentang membuat rubberband car di http://www.youtube.com/user/GrandadIsAnOldMan.


5. Belajar mendesain mainan sendiri dan menentukan standar kualitas mainan yang akan dibuatnya
Mereka akan belajar memilih milih bahan bekas yang dapat digunakan (apakah karton dapat dimanfaatkan sebagai roda, badan, atau sebagai pengganjal, membuat pola dan merancang perletakannya pada karton dan menguji kekuatan bahan kertas sebelum digunakan). 
Anak anak juga dapat menentukan dan menyesuaikan ukuran, menentukan sendiri sambungan beberapa bahan (batang ke roda mobil, karet ke roda mobil, dll. Selain membuat konstruksi rubberband car, anak anak juga menemukan kegembiraan ketika menghias rubberband car masing-masing.  
 

b. Contoh

Contoh salah satu Rubberband car yang paling sederhana adalah rubberband car dengan 2 roda seperti ini: 
 
 
Rodanya memang cuma 2, menariknya ketika menggelinding ke satu arah, ia bisa balik ke arah yang berlawanan. Mobil ini sudah beberapa kali dimainkan sehingga bentuk rupanya sudah tidak jelas..... kenapa bisa rusak ya?? berbagai teori yang dapat dibicarakan muncul di benak anak anak.


Ada yang ingin membuat rubber band seperti ini juga? 

c. Tautan lainnya

Rubber band car sederhana yang dapat dibuat secara bertahap dapat dilihat di sini

Berbagai variasi rubber band dapat dilihat di sini.

10 komentar:

  1. Barang bekas memang sayang kalo dibuang begitu saja. Beruntungnya jika punya ide memanfaatkan barang bekas, jadi terlatih juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, apalagi sekarang zaman reduce reuse dan recycle ya..

      Hapus
  2. Wah bisa dicoba nih di rumah, kebetulan anakku suka banget main mobil-mobilan

    BalasHapus
  3. saya selalu dapat insight baru dari blognya mba, saya bisa praktekin dengan keponakan-keponakan saya yang masih kecil dan suka banget sama mainan-mainan buatan gini seru banget deh

    BalasHapus
  4. Dari hal sederhana, bisa jadi mainan, manfaatnya banyak, dan bisa pula didiskusikan serta dianalisa ya .... wow.

    BalasHapus
  5. Seru ya bikin mobil mobilan sederhana ini ya istilahnya pake bahan bekas, anak anak jadi kreatif dan ga usah beli mainan, irit

    BalasHapus
  6. Keren banget ide-idenya menjadikan barang bekas sebagai kegiatan bermanfaat. Selain jadi kreatif, juga jadi punya sense sama lingkungan juga ya. 😊😀

    BalasHapus
  7. Saya baru tahu ada permainan macam ini. Sederhana tetapi dampaknya luar biasa bagi anak-anak. Bisa mengisi waktu luang mereka di rumah jika tidak bisa ke mana-mana karena pandemi.
    Insya Allah, nanti akan main ke tautan yang dirujuk. Terima kasih. 👍😍

    BalasHapus