Kamis, 06 Februari 2014

Botol Menggelinding


Tertarik dengan percobaan di salah satu website fisika berbahasa spanyol:  http://fq-experimentos.blogspot.com/, anak anak menoba membuatnya. bahannya sangat sederhana dari botol plastik bekas kawat kertas selotip dan sekrup sebagai pemberat. Yang menarik dari botol ini dia bisa menggelinding dengan boneka kertas tetap berada di atas.

Namun ternyata membuat seperti ini tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun kegiatan ini cukup menghibur dan membuat mereka belajar. Perbendaharaan kata yang biasanya jarang diucapkan sehari hari seperti titik berat, rotasi, dll muncul. Mereka juga dilatih untuk mewujudkan karya dari tidak ada menjadi ada. Juga melatih tangan untuk bermain denagn kawat selotip kertas gunting dan bor tangan sederhana. Dari segi mental dilatih juga untuk sabar membuat mainannya sampai berhasil, tidak mudah menyerah ketika ada kesulitan, belajar untuk berbuat tidak cuma menonton saja.

Kesulitan yang ditemukan di rumah adalah ketika semua sudah terpasang  namun boneka tidak mau berdiri tegak lurus dan hanya rebah. Tapi akhirnya mainan ini bisa selesai juga dan bisa menjadi hiburan untuk anak di usia yang lebih muda. Untuk yang lebih tua mereka bermain ketika membuat sesuatu, yang lebih muda bermain dengan mainan yang sudah jadi.




Gambar menunjukkan bagian tutup botol kawat dan sekrup yang diikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar