Sabtu, 08 September 2018

Soal Ujian IPA Tingkat SD 2018 yang Membingungkan

Ini adalah soal Ujian IPA yang ditemukan oleh anak saya yang sedang mengikuti ujian Paket A yang diselenggarakan oleh PKBM daerah setempat.Walaupun ujian ini dikerjakan tanpa persiapan, tapi ia berusaha mengikutinya sampai selesai. 
Ia bercerita bahwa pengawasnya ada yang sempat tersenyum senyum ketika membaca jawabannya. Kebetulan kami menemukan soal ujian IPA SD yang serupa di internet. Soalnya adalah soal essay seperti ini:


Saya sebagai orang tua juga ternyata kesulitan menjawab pertanyaan ini. Jenis benda, apakah ditentukan dari materialnya, atau sifat kimianya atau sifat fisikanya , atau lainnya. Bentuk, hanya gelas yang dapat dijawab dengan bentuk silinder. Bentuk lainnya yaitu balon dan sepatu bukan bentuk geometri sederhana.  Lalu yang dimaksud dengan volume itu apakah diminta menghitung volume masing masing benda, tapi tidak ada petunjuk lain yang dapat membantu menyelesaikan soal tersebut.

Anak saya rupanya menebak maksudnya jenis benda itu adalah jenis benda padat cair dan gas. Namun ia berkata sulit menjawabnya karena pada setiap benda ada lebih dari satu jenis. Balon misalnya, didalam balon adalah gas mungkin udara biasa atau hidrogen, sementara kulit balon itu terbuat dari benda padat. Gelas, terbuat dari kaca, benda padat, sementara isinya adalah benda cair. Sepatu, tali sepatu dan kulit sepatu dari benda padat, namun di dalam sepatu akan terisi udara. Awalnya ia menjawab benda padat, benda padat dan benda padat karena berfikir kalau yang dijawab adalah selubungnya saja. Tapi setelah pengawasnya tersenyum simpul, ia mengubah jawabannya menjadi isinya saja yaitu balon= gas, gelas= air dan sepatu = gas. nah, sepertinya ia berusaha konsisten, dalam keadaan agak bingung dan bertanya tanya.



10 komentar:

  1. Saya juga akan bingung jika ditanyakan hal itu. Anak Teteh cerdas. Salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya pikir apa guru gur yang mendampingi anak anak ujian nggak ikutan bingung ya? atau karena sudah terlatih mengerjakan soal seperti ini jadi biasa...Makasih komentarnya...

      Hapus
    2. Ha ha ha, justru imajinasi anak itu murni. Mereka mampu melihat sesuatu dalam perspektif jernih berdasarkan pemahaman yang belum terdistraksi. Orang dewasa'melihat sesuatu berdasarkan pengalaman yang sudah terdistraksi.
      Dunia anak justru bisa memandang sesuatu sebagai kebenaran yang polos.
      Benda bisa berupa padat,cair, atau gas. Tetapi benda itu juga bisa dihuni atau dilapisi material tertentu yang menjadi satu kesatuan dengan benda itu.

      Orang dewasa lain lagi cara pikirnya. Sudah didikte oleh hal dogmatis.

      Hapus
  2. Nah iya saya juga membacanya sama seperti anaknya, Mbak .. maksudnya jenis benda itu adalah jenis benda padat cair dan gas. Namun membingungkan bagaimana menjawabnya karena pada setiap benda ada lebih dari satu jenis ...

    BalasHapus
  3. Memang kategori jenis, bentuk, volume bisa menimbulkan ambigu, sehingga ada baiknya dijelaskan dalam pertanyaan jenisnya a, b, atau c. Bentuk a, b ,atau c. Jadi pilihan ganda jadinya hehe..

    BalasHapus
  4. Wow. Soal SD yang mengecoh. Salut banget sama anaknya yang mikir jauh. Saya malah jadi bingung sendiri.

    BalasHapus
  5. Ampun deh, membaca soal ujian IPA ini aku kok ikutan gemas! Ahahaha. Itu yang bikin soal gimana ya? Beruntung anaknya kritis ya. Kalau kolomnya itu punya space besar, aku bayangin anaknya Mbak mungkin bakal jelasin analisanya. Tapi aku salut dengan cara berpikir anak Mbak yang kritis. Bagus itu, Mbak. Selama ini kurikulum sekolah kurang memberi tempat bagi anak-anak untuk berpikir kritis dengan memberikan jawaban saklek saja. Padahal, hidup itu enggak cuma hitam dan putih, kan?

    BalasHapus
  6. Ini yg bikin soal siapa sih kak? Kita aja bingung ya, apalagi anaknya. Mungkin maksudnya agar anak kreatif berpikir & menjawab

    BalasHapus
  7. Pinter anaknya..soal SD jmn now perasaan bikin susah dan bingung heuheu..apa sy hrs masuk SD lagi hehe

    BalasHapus
  8. saya lupa-lupa dulu kalau ga salah ini belajar tentang pengaplikasian kognitif ya, dan memang di SD udah dipelajari, yang saya tangkap dari pertanyaan ini adalah:
    I (jenis bendanya: tetap), (bentuknya: gas), (volume: berubah - karena menekan ke segala arah)
    II (jenis bendanya: tetap), (bentuknya: cair), (volume: berubah - tidak tetap selalu mengikuti wadahnya)
    III (jenis bendanya: tetap), (bentuknya: padat), (volume: tetap)

    setahu saya ini jawabannya kak hehehe, sambil mengingat pejaran IPA

    BalasHapus