Sabtu, 18 Oktober 2014

Percobaan Asam Basa Dengan Kubis Merah

Percobaan dengan asam dan basa adalah salah satu percobaan kimia yang cukup menarik. Kita bisa menentukan suatu larutan adalah larutan basa denagn mencampurkannya dengan larutan yang lain, bisa juga dengan menggunakan kertas lakmus, atau mencampurnya dengan sat lain untuk menghasilkan campuran dan senyawa. 

Dengan menggunakan kubis merah, kita bisa mengetahui apakah suatu larutan ini bersifat asam atau basa.

Blender kubis merah dengan sedikit air, setelah itu kalau mau larutan kubis bisa disaring untuk menghasilkan larutan kubis merah yang bening. Siapkan larutan lain yang bersifat asam dan basa seperti cuka, sabun, abu gosok, soda kue, dll.  Larutan asam juga bisa diambil dari beberapa jenis buah yang sepertinya bersifat asam seperti jeruk nipis, belimbing wuluh, dll. Atau kalau mau kita juga bisa mengambil beberapa larutan lain yang belum diketahui sifat asam basanya seperti keringat, air mata, dll. 

Dari seluruh larutan ini kita bisa menguji terlebih dahulu apakah betul larutan kubis merah bisa berubah warnanya ketika dicampur denngan larutan yang bersifat basa, seperti apa perubahan warnanya, dan sebanyak apa kadar larutan basa yang dibutuhkan untuk menghasilkan perubahan warna tersebut. Contohnya di sini adalah abu gosok yang dicampurkan  pada larutan kubis merah. Ternyata untuk mengubah warna larutan kubis menjadi biru dibutuhkan abu gosok  yang cukup banyak (lebih dari 1 sendok makan). Hasilnya seperti di bawah ini:


Sebelah kiri adalah larutan kubis yang telah dicampur dengan abu gosok sebelah kanan larutan kubis yang belum dicampur
Foto di bawah adalah larutan kubis yang dicampur denagn cuka pekat. Dengan beberapa tetes, larutan bisa berubah warna, tapi ternyata warnanya hanya berubah menjadi warna ungu kemerahan (jadi bukan berwarna merah terang).


Sebelah kiri adalah larutan kubis yang dicampur dengan asam, sebelah kanan larutan kubis yang belum dicampur
Setelah berubah warna m enjadi ungu kemerahan, larutan yang sudah bercampur asam ditambahkan denagn abu gosok untuk melihat apakah masih bisa berubah warna menjadi biru, ternyata hasilnya, setelah ditambahkan banyak sekali abu gosok, warna larutan tidak bisa berubah warna menjadi biru tua.
Dari kiri ke kanan: larutan kubis yang belum dicampur larutan lain, larutan kubis yang dicampur larutan asam, kemudian ditambahkan abu gosok, larutan kubis yang dicampur abu gorok saja.
Percobaan ini menjadi lebih menarik jika kita menguji bahan bahan yang belum diketahui apakah ia bersifat asam dan basa. Untuk literatur tambahan bisa membaca larutan apa yang terdapat di dalam makanan dan tubuh manusia, serta mengapa larutan tersebut bisa bersifat asam dan basa (misalnya sifat asam dalam lambung untuk mencerna makanan, menegtahui bahan makanan yang bersifat asam dan basa serta manfaatnya, apa yang terjadi jika mencampur makanan yang bersifat asam dan basa, dll.)

Untuk anak usia SMP, bisa mulai belajar membuat data dan mengukur benda benda yang menjadi bahan percobaan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar