Minggu, 13 Agustus 2017

Merakit Robot Tebak Bola Mindstorm EV3

Salah satu kegiatan anak anak di rumah adalah membuat sesuatu dengan Lego. Untuk anak yang kecil bisa menggunakan Lego Mega Bloks, yang usia sekolah dasar menggunakan Lego Teknik dan untuk usia sekolah menengah menggunakan Lego Mindstorm. Lego Mindstorm memiliki banyak contoh dan tutorial. Sekilas membuat model dari mindstorm ini seperti merakit robot sendiri. Sebetulnya banyak sekali yang harus dipelajari untuk dapat membuat robot, lego ini hanya berusaha membuat proses pembuatan robot menjadi lebih sederhana agar anak anak tidak bosan dan jenuh ketika berusaha membuat robot sendiri.  Ketika merakit robot dengan Lego Mindstorm anak anak tidak perlu pusing pusing membuat dan memasang sendiri komponen dengan berbagai peralatan pertukangan karena memang Lego sudah membuat komponennya secara moduler dengan  berbagai macam sambungan yang lebih mudah dipasang.

Robot tebak bola ini dibuat oleh anak ke 2 usia 13 tahun. Robot ini dapat memainkan permainan tebak bola secara otomatis. Tutorial merakit lego ini diperoleh dari: https://www.lego.com/en-us/mindstorms/build-a-robot/ev3-game. Script default dari: https://sites.google.com/site/legomindstormsev3studio/course-feedback

Ada beberapa modifikasi yang dibuatnya agar robot ini dapat bekerja secara  mekanik. Ini karena tutorial merakit lego menggunakan Lego Mindstorm Home Edition sementara Lego Mindstorm yang digunakan adalah Lego Mindstorm Educational Pack.  Ada beberapa komponen yang perlu dimodifikasi karena tidak ada di Lego Mindstorm Educational Pack.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar