Sabtu, 01 Agustus 2015

Rube Goldberg Contraption; Seri Mainan Edukatif

Mainan edukatif yang dibeli di pasaran memang banyak sekali variasinya. Kalau kita meluangkan sedikit waktu, kita bisa juga mengajak anak kita untuk membuat beberapa mainan edukasi sendiri yang berguna bagi perkembangan anak. Selain melatih keterampilan tangan, imajinasi, mewujudkan sesuatu yang konkrit dari yang abstrak, anak anak juga dapat melatih untuk bisa bersabar dan tekun dalam mengerjakan sesuatu. Kesabaran adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli dan sesuatu yang perlu terus dilatih untuk menghasilkan jiwa yang kuat. 

Jika sudah terbiasa, hal yang menyenangkan bukan hanya didapat ketika bermain, tapi juga ketika membuat dan merancang mainan itu sendiri. Dan bayangkan bagaimana gembiranya anak anak ketika mainan yang dirancangnya itu bisa bekerja. Hal hal seperti ini besar sekali nilainya dibandingkan dengan membeli mainan yang sudah jadi. Dengan membuat sendiri mainan edukatif ini, diharapkan  anak anak bisa merasakan bagaimana sulitnya membuat mainan itu sehingga dia akan lebih menghargai mainan yang didapat dari hadiah atau membeli dengan menggunakan dan menyimpannya baik baik.

Sekilas Tentang Rube Goldberg Machine

 Mesin Rube Goldberg adalah alat, yang dibuat untuk melakukan tugas yang sangat sederhana dengan cara yang sangat rumit,  melalui proses prinsip mekanik sederhana yang menarik (selengkapnya bisa dilihat di wikipedia). Salah satu yang termasuk dalam jenis mesin ini adalah "Chain Reaction". 

Komik Rube Goldberg machine dari wikipedia
Rube Goldberg adalah kartunis yang memberikan gagasan dibuatnya mesin ini lewat kartun buatannya. Mesin ini keluar pada era 'machine age'. Pada waktu itu banyak yang terpesona denagn penemuan mesin mesin baru. Listrik, air mengalir, telepon dan mobil yang baru ditemukan mengubah cara orang hidup dan bekerja. Penemuan mekanik baru untuk membantu dan memudahkan pekerjaan, sangat banyak dibuat di mana mana.

Sekarang mesin ini menjadi salah satu proyek yang dapat dilakukan baik di sekolah ataupun di rumah. Ada beberapa channel di youtube yang dapat dilihat dan dipelajari untuk membuat mesin Rube Goldberg ini. Penerapan Rube Goldberg ke dalam mainan menjadi hiburan tersendiri bagi beberapa kelompok anak anak dari usia 9 tahun sampai usia sekolah menengah ke atas. Banyak juga yang mengadakan kompetisi membuat mesin ini. Pengembangan mesin Rube Goldberg ini sangat beragam, ada yang membuat marble run, chain reaction machine, domino, dll. Mulailah dari hal yang sederhana sebelum membuat sesuatu yang kompleks.

Rube Goldberg sederhana dibuat oleh anak berusia 6 tahun

Bahan Membuat Rube Goldberg Machine

Bahan bahan untuk membuat Rube Goldberg machine ini sangat sederhana dan banyak. Kita bisa membuat dari bahan yang ada di rumah seperti gunting, talenan kayu, sutil atau spatula, barang bekas  misalnya kardus bekas, botol plastik bekas, rol tissue bekas, kalengbekas ataupun mainan mainan yang bersifat generik seperti bola pingpong, kelereng, mainan kayu, domino plastik dll. 


Bahan dari rol tissue bekas, kelerang dan mainan kayu edukatif

Bahan dari bola ping pong, pembungkus paket pos dan giro dan mainan kayu edukatif

Tips 

  • Pilihlah bahan yang aman untuk anak anak. 
  • Pilih juga tempat yang aman dan tidak akan terganggu oleh sirkulasi orang sehingga mainan tidak akan tersenggol secara tidak sengaja oleh orang yang sedang lewat. 
  • Jauhkan juga dari tangan anak anak kecil dengan rasa ingin tahu yang besar.
  • Lebih baik lagi jika anak memiliki meja denagn ukuran yang cukup besar untuk membuat mainannya sehingga ia dapat menyimpan hasil pekerjaannya untuk dilanjutkan lagi keesokan harinya.

Hasil Karya

Di bawah ini adalah beberapa karya anak anak yang sekolah di rumah. Satu mesin ini dibuat kurang lebih satu hari denagn kegagalan sampa 20 dan 30 kali. Kegagalan ditemukan karena mesin belum bekerja, tidak sengaja disenggol oleh pembuatnya atau dimainkan oleh adik adiknya.

  • Marble Runs atau Perosotan Kelereng 
Dengan bahan papan kayu, balok kayu dan kelereng, kita dapat membuat permainan edukatif yang dapat mengusir kebosanan. Mainan ini dibuat oleh anak berusia 11 tahun dalam waktu kurang dari 15 menit saja.


  •  Domino Chain reaction
Membuat permainan domino ini termasuk gampang gampang susah. Utnuk rangkaian sederhana, anak berusia 3 tahun sudah mulai dapat mencobanya. namun utnuk rangkaian yang lebih rumit dan banyak, usia 9 tahun juga masih harus banyak berlatih untuk mendapatkan keberhasilan. Mainan ini cukup lama dibuat karena beberapa kendala seperti: tersenggol diri sendiri, tersenggol orang yang lewat, dimainkan oleh adik adik yang ingin tahu seperti apa hasilnya, dan karena secara prinsip belum benar.

Rainbow domino mainan edukatif

 
Menyusun menara domino yang sengaja dibuat mudah runtuh

 
Domino rainbow dengan rol tissue



Rainbow domino yang hampir selesai, namun harus diulang beberapa kali karena tersenggol

Alat yang dibuat untuk dapat mendirikan domino dengan cepat untuk beberapa kasus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar