Senin, 22 September 2014

Judobot-belajar dan bermain sistem hidrolik


Belajar memang lebih mudah denagn melihat dan membuat sesuatu. Ketika ingin tahu tentang sistem hidrolik, kita dapat membuatsistem hidrolik sederhana yang menggunakan selang dan jarum suntik seperti pada gambar di bawah ini:




 Caranya cukup dengan menyediakan selang dan jarum suntik. Ingatlah untuk selalu membuang jarum suntik dengan pertimbangan keselamatan anak anak.

Anak anak biasanya akan tertarik memainkan selang dan jarum suntik ini dan percobaan ini dapat dilakukan oleh anak mulai usia 5 tahun.

Video bermain selang dan jarum suntik:


Untuk anak yang lebih besar, dapat mencoba membuat mainan judo bot seperti yang diuraikan di bawah ini.

Mainan ini terbuat dari bahan yang sederhana. Ide membuat judobot ini kami temukan dari sini. Setelah diamati dan dimodifikasi sesuai dengan bahan yang ada di rumah, hasil nya seperti foto di bawah ini.

 

Bahan:

1. Stik es krim panjang kira kira 50 buah (bisa didapat di toko kue, dan cindera mata. Kami memperolehnya dengan harga sekitar 3000an isi 50 biji)

2. Balok kayu untuk pengganjal kira kira 10 ~ 15 biji. WYE Lance yang membuat judo bot di instructable, membuat definisi kayu ini : cube craft yang dapat diperoleh di: http://www.ssww.com/item/budget-craft-sticks-CS425/cmc=SRCH/v=UG9wc2ljbGUgU3RpY2tz/p=1/.  Kita juga membuat sendiri di rumah jika ada banyak kayu bekas. Gunakan gergaji besi atau kayu, amplas dan bor tangan yang cukup aman.



3. Bahan yang menurut kami sulit didapat adalah jarum suntik (plastic syringe) 4 buah, semakin banyak jarum suntik, akan semakin banyak variasi judo bot yang dihasilkan.

4. Selang kecil yang bisa dimasukkan kedalam suntikan. Jika kita menggunakan 4 buah jarum suntik maka kita akan memakai 2 selang plastik, karena jarum suntik ini akan diletakan pada kedua bagian tepi selang.Periksa lagi apakah selang plastik bisa masuk ke dalam jarum suntik.

5. Batang sumpit sebagai penyambung.

Judo bot yang akan dibuat ini memiliki 2 poros yaitu poros di bagian kaki yang bisa bergerak ke kana dan ke kiri serta bagian atas atau tangan yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah.
Bagian alas judo bot akan dirakit terakhir.
Ini adalah bagian kaki judo bot:


Ini bagian tangan judo bot.

 Pada bagian kaki diselipkan batang sumpit utnuk memasang bagain atas atau tangan judo bot.


 Bagian tangan sudah dirakit, tinggal memasang selang dan jarum suntik.





Ini adalah video judobot:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar