Sabtu, 22 November 2014

Berbagi Pengalaman Menggunakan Little Bits

Little bits adalah kit elektronika sederhana yang bisa dimainkan untuk anak usia 5 tahun ke atas, atau usia di mana anak anak sudah bisa merakit sendiri benda benda kecil dengan tangannya. Berbeda dengan lego, dengan merakit mainan ini anak anak bisa membuat sesuatu bersinar (dengan lampu), berputar (dengan lampu dan kipas) atau membuat gerakan mesin sederhana denagn motor. Little bits juga dapat digabungkan dengan kardus tali dan benda benda yang ada di sekeliling kita.
Dengan kit ini anak dapat mengenal bagamana cara kipas bekerja, motor , lampu, sensor dan lain lain. 

Denan Little Bits, kita tidak usah menyolder untuk menyambung rangkaian karena little bits sudah dilengkapi dengan magnet. Kita cukup menempelkan komponen tersebut satu dengan lainnya. Bentuk satu komponen dan yang lainnya saling 'interlock' untuk lebih memudahkan pemasangan. Review produk Little bits lebih lengkap dapat dilihat di : https://elektrologi.iptek.web.id/kit-elektronika-sederhana-dari-littlebits/


Ada beberapa mainan lain seperti goldieblox yang mirip denagn little bits, bedanya, little bits bisa lebih fleksibel utnuk membuat berbagai jenis mainan sementara pada goldieblox hanya memasang dari contoh mainan yang ada di brosur. Little bits sendiri memiliki komunitas untuk berdiskusi atau menampilkan proyek yang telah dibuat.

Di bawah ini adalah contoh permainan yang bisa dibuat dengan menggunakan kit little bits jenis extended kit.


Sumur mainan dari kotak susu bekas:


Mesin berputar:




 

Pengalaman menggunakan little bits:
  • Anak anak usia 5 tahun sudah mampu untuk merakit benda benda sederhana yang ada pada paket little bits utnuk sekedar melihat apa yang terjadi jika dirangkai begini dan begitu, tapi untuk membuat yang lebih dari itu anak perlu didampingi dipancing dan dibangkitkan semangatnya. Proyek little bits di atas dibuat oleh anak anak di rumah dengan usia 10 tahun. sebelum berhasil, anak anak menemukan kegagalan berkali kali, tapi semua ini bisa dilupakan ketika proyek sudah berhasil.
  • Saya tidak merekomendasikan mainan ini untuk anak anak di bawah usia 5 tahun yang masih suka memasukkan benda benda asing ke dalam mulut. Berbahaya sekali jika benda ini masuk ke dalam tubuh anak karena mengandung magnet kuat.
  • Mainan ini bisa memancing rasa ingin tahu anak terhadap benda benda elektronik dan bagaimana merakitnya. Untuk level selanjutnya bisa terus menggunakan mainan ini atau mulai merakit sendiri benda benda ini denagn membelinya di toko komponen elektronik yang tentunya lebih murah, tapi membutuhkan keterampilan khusus untuk merakitnya (belum bisa di usia 5 tahun). Apalagi kapasitas motor yang ada lebih kecil dari kapasitas hobby motor yang biasa dijual di toko komponen.
  • Mainan ini sudah lebih dari 2 tahun usianya. Sekarang kipas sudah sulit berputar, tapi komponen lainnya masih bisa digunakan. Ingatkan anak untuk berhati hati menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar