Minggu, 11 April 2021

Sistem Pernafasan Manusia-Ringkasan Pelajaran IPA SMP

Sistem pernafasan dari hidung sampai ke paru paru

 

Ini adalah rangkuman pelajaran IPA SMP yang dibuat sebagai persiapan ujian paket B. Topiknya adalah Tubuh Manusia dan Cara kerjanya. 

Skema

Sistem Pernafasan Manusia Dapat diuraikan menjadi: 

Lubang hidung

Untuk menghangatkan, membersihakn dan melembabkan udara yang masuk. terdiri dari jutaan rambut halus, yang berfungsi mengembalikan partikel asing yang tidak diinginkan melalui hidng dan tenggorokan lalu dikeluarkan lewat bersin dan batuk. Tujuan melembabkan dan menghangatkan adlaah utnuk melindungi organ tubuh bagian dalam yang sensitif. 

Pharinx

Jalur masuknya udara ke  saluran pernafasan dan masuknya makanan dan aur ke saluran pencernaan. Dipisah oleh Epiglottis, katup yang ada di depan larinx berfungsi menutup lubang ke trachea ketika seseorang menelan makanan sehingga tidak salah jalur ke paru paru.

Larynx (kotak suara)

dalam larinx terdapat pita suara yang dapat memanjang dan memendek. Udara yang masuk ke saluran ini menyebabkan pita suara bergetar dan mengeluarkan suara. Pada pria pita suara ukurannya lebih panjang sehingga dapat mengeluarkan suara dengan frekuensi lebih rendah dari wanita. 

Trachea

Terdapat 2 cabang trachea disebut bronchi yang masuk ke paru paru kiri dan kanan. Bronchi juga dilengkapi dengan rambut halus dan lendir seperti pada lubang hidung dnegan fungsi yang sama. Bronchi terbagi menjadi saluran kecil yang halus disebut bronchioli. Akhir dari saluran bronchioli adalah kantung gelembung kecil yang disebut alveolus. Alveolus ditutup dinding yang dikelilingi pembuluh kapiler halus yang menghubungkan pembuluh arteri dan pembuluh venna. (Pembuluh arteri membawa darah yang kaya oksigen dari jantung sementara pembuluh venna adalah kebalikan dari pembuluh arteri yang membawa darah kurang oksigen dari tubuh kembali ke jantung.

 

Paru paru. 

Pada paru  paru bagian kiri terdapat 2 lobus karena ada jantung, bagian kanan 3 lobus. Lobus terdiri dari banyak Lobulus.

Paru paru dikelilingi membran 2 lapis  yang disebut pleural membrane. Bagian luar menempel ke dinding dada (chest wall) bagian dalam menempel pada paru paru. Di antara kedua membran ada cairan. Fungsi membran adalah menghubungkan bagian paru paru ke rongga dada yang membuat paru paru dapat bergerak membesar dan mengecil sesuai pergerakan dada. 

Menghirup dan Menghembuskan Udara

Apa yang terjadi ketika kita menghirup dan menghembuskan udara? 

Menghirup udara

Tulang rusuk naik ke atas dan ke luar (mengembang) dan menekan diafragma ke bawah. Paru paru membesar, tekanan dalam paru paru berkurang, udara masuk ke dalam paru paru. 

Menghembus udara

Tulang rusuk mengecil (bergerak ke bawah dan ke dalam)/ Diaframa naik ke atas. tekanan dalam paru paru mebesar, udara masuk.

 

Figure 7.7 External respiration (A) occurs between alveoli and the capillaries
next to them. As blood moves away from the body tissues, it is oxygen-poor and
carbon dioxide-rich. As it moves through the lung capillaries, oxygen from the air
in the alveoli diffuses into the capillaries and carbon dioxide diffuses out of the
blood. Internal respiration (B) occurs between the capillaries and the body
tissues. Oxygen diffuses from the blood into the oxygen-poor tissues while
carbon dioxide diffuses from the tissues into the blood.

Proses pertukaran oksigen 

Dapat terjadi secara eksternal dan internal.

  • Respirasi Eksternal
    Terjadi pada paru paru dalam alveolus dan pembuluh kapiler. Udara yang masuk ke alveolus setelah dihirup memiliki konsentrasi yang tinggi dari udara di pembuluh kapiler. Difusi terjadi sehingga oksigen pindah ke pembuluh kapiler sebanyak 30 %. Karbon dioksida yang ada dalam pembuluh kapiler (konsentrasi lebih tinggi) akan mengalami difusi ke dalam alveolus dan akan dikeluarkan dari paru paru. Setleah darah dalam pembuluh mendapat oksigen yang cukup, darah akan bergerak ke jantung dan seluruh tubuh menyebarkan oksigen.
  •  Respirasi Internal
    Hemoglobin berperan membawa 99 % oksigeb da 1/4 bagian CO2  (kurang lebih 23 %), 7 % dibawa dalam plasma dan 70 % dibawa oleh darah. Plasma membawa CO2 ke paru paru. CO2 dikeluarkan melalui alveolus dari paru paru.



Topik lainnya:  

https://anak-kesayangan.blogspot.com/2021/04/sistem-pencernaan-manusia.html

https://anak-kesayangan.blogspot.com/2021/04/sistem-ekskresi-ginjal.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar